gelas cocktail

Gelas Cocktail

Menguasai seni membuat minuman cocktail lebih dari sekadar mengocok dan mengaduk, itu melibatkan kemahiran, kreativitas dan yang terpenting perlengkapan minuman yang tepat. Gelas cocktail memegang peranan penting dalam penyajian minuman ini. Setiap jenis gelas cocktail dirancang untuk menghadirkan kompleksitas dalam aroma, suhu, warna dan rasa untuk minuman yang dimaksud. Selain itu, banyak penikmat cocktail menganggap penampilan atau presentasi sebagai hal yang penting karena efek dari minuman berlapis dan campuran cenderung hilang ketika disajikan dalam wadah yang salah.

Bahan gelas cocktail

Gelas cocktail yang populer pada umumnya terbuat dari bahan kaca, logam seperti timah dan tembaga, dan acrylic. Masing-masing dari bahan tersebut memiliki keunggulannya. Bahan yang terbuat dari gelas akan terlihat elegan dan mewah, bahan yang terbuat dari logam biasanya dipergunakan untuk mengisolasi minuman dingin. Acrylic yang cenderung lebih tahan banting dan harganya yang lebih terjangkau banyak disukai ahli mixologi atau bartender dalam penyajiannya di lingkungan santai atau di ruangan terbuka.

Jenis gelas cocktail

Lowball Glass / Old Fashioned Glass

gelas cocktail old fashioned

Lowball Glass yang dikenal juga dengan nama Old Fashioned Glass adalah gelas yang dipergunakan untuk menyajikan minuman berkadar alkohol tinggi seperti whiskey. Gelas Old Fashioned ini sangat tepat untuk cocktail klasik tanpa banyak campuran atau campuran yang sangat sederhana seperti cocktail Old Fashioned.Ukuran gelas:

Ukuran gelas:
single: 6-10 oz
double: 12 – 16 oz

Highball Glass

Highball Glass adalah gelas bulat tinggi. Gelas Highball ini cocok untuk cocktail yang mengandung banyak air, jus atau soda seperti Seven dan Seven, Scotch and soda, rum dan coke dan lain lain. Bartender sering membuat minuman yang disajikan langsung di dalam gelas.

Ukuran gelas:
8 – 12 oz

Collins Glass

gelas cocktail collins

Collins Glass juga dikenal sebagai gelas dingin. Gelas Collins terlihat sangat mirip dengan gelas highball, yang membedakannya adalah gelas ini lebih sempit, lebih tinggi dan lebih tipis. Gelas ini digunakan untuk menyajikan minuman campuran terutama cocktail Tom Collins dan John Collins. Gelas Collins menjadi alternatif yang cocok saat menyajikan cocktail yang biasanya menggunakan gelas highball.

Ukuran gelas:
10 – 14 oz

Martini Glass

gelas cocktial martini

Gelas Martini menjadi salah satu simbol gelas cocktail semenjak pameran di Paris tahun 1925. Gelas Martini sekarang memiliki batang yang lebih panjang untuk meminimalkan perpindahan panas dan pinggiran yang luas untuk meningkatkan aroma minuman. Sisi miring untuk mencegah pemisahan bahan dan juga membantu menopang hiasan garnish.

Ukuran gelas:
standar: 3 – 10 oz
besar: 6 – 12 oz

Margarita Glass

gelas cocktail margarita

Gelas Margarita biasanya dikaitkan dengan ramuan buah yang dicampur. Gelas ini memiliki beberapa bentuk dan desain. Jenis yang paling populer adalah berbentuk mangkuk yang bertingkat, sempit didekat batang dan lebar dibagian atas yang biasanya dihiasi dengan garam.

Ukuran gelas:
10 – 15 oz

Pina Colada Glass

Gelas Pina Colada adalah gelas yang berbentuk piala yang sangat cocok untuk menyajikan Cocktail Pina Colada karena bentuknya yang besar. Gelas memiliki batang yang lebih panjang dibandingkan dengan gelas hurricane, yang sangat ideal karena mencegah tangan Anda menghangatkan minuman.

Ukuran gelas:
10 – 15 oz

Hurricane Glass

Gelas Hurricane dinamai seperti Cocktail Hurricane oleh Pat O’Brien dari New Orleans. Gelas Hurricane mirip dengan gelas Pina Colada, yang membedakannya di batang yang pendek dan lebih ramping dan tinggi. Gelas ini sangat ideal untuk menyajikan minuman beku dan tropis.

Ukuran gelas:
16 – 20 oz

Flute Glass / Champagne Glass

Gelas Flute atau dikenal juga dengan gelas champagne biasanya dipergunakan untuk minuman champagne atau cocktail champagne seperti Kir Royale, Jacuzzi dan lain lain. Tinggi dan dalamnya gelas ini untuk mencegah minuman menjadi hambar terlalu cepat. Bentuk gelas yang tinggi ini juga mencegah gelembung minuman naik kepermukaan gelas terlalu cepat dan memberikan efek gelembung yang menyegarkan.

Ukuran gelas:
6 – 12 oz

Irish Coffee Glass

Irish Coffee Glass ideal untuk menyajikan minuman cocktail untuk musim dingin seperti Cocktail Irish Coffee. Gelas yang memiliki pegangan disamping ini di desain sedemikian rupa untuk memastikan topping yang mencakup busa, krim dan pemanis lainnya tetap berada ditempatnya.

Ukuran gelas:
10 – 16 oz

Gin Glass / Balloon Glass

Gelas Gin yang dikenal juga dengan nama Gelas Balloon yang sangat cocok untuk Cocktail berbasis gin. Gelas yang memiliki lebar atas yang mencakup sampai ke hidung membuat aroma gin tercium sampai ke hidung pada saat Anda mencicipinya.

Ukuran gelas:
20 – 25 oz

Copper Mug

mug cocktail moscow mule

Copper Mug yang terbuat dari tembaga ini telah lama dikaitkan dengan Cocktail Moscow Mules karena kemampuannya secara instan mengubah dan mempertahankan kedinginan minuman. Ada yang mengatakan konstruksi logam cangkir tembaga diyakini oleh beberapa orang meningkatkan rasa minuman yang disajikan.

Ukuran cangkir:
12 – 16 oz

Inilah gelas cocktail yang umum dipergunakan diseluruh dunia. Untuk gelas wine dan lainnya tidak ditampilkan disini.

%d bloggers like this: